Tuesday, June 9, 2009

Berdasarkan kata/kalimat dimulai dengan huruf Q





Qabdh 


Adalah penguasaan Komoditi di Bursa oleh pembeli yang  menyebabkan ia berhak untuk melakukan tindakan hukum  (tasharruf) terhadap komoditi tersebut, seperti menjual,
menerima manfaat atau menanggung risikonya. (7) ; (13). (Sumber   :  Bank Indonesia).

Qabdh Hukmi.

Adalah penguasaan Komoditi di Bursa oleh  pembeli secara dokumen kepemilikan komoditi yang dibelinya  baik dalam bentuk catatan elektronik maupun non-elektronik. (7) ; (13). (Sumber   :  Bank Indonesia).

Qardh.

Adalah prinsip syariah dalam perjanjian pinjam meminjam dana antara bank syariah sebagai pemberi pinjaman dengan pihak peminjam yang mewajibkan pihak peminjam melakukan pembayaran pokok pinjaman dengan cara sekaligus atau cicilan dalam jangka waktu tertentu.(13)
(Sumber: Bank Indonesia).

Qardh Beragun Emas

Adalah salah satu jenis pembiayaan dengan menggunakan akad qardh dengan agunan berupa emas yang diikat dengan akad rahn, dimana emas yang diagunkan disimpan dan dipelihara oleh Bank Syariah atau UUS selama jangka waktu tertentu dengan membayar biaya penyimpanan dan pemeliharaan atas dasar akad ijarah.
Produk Qardh Beragun Emas memiliki karakteristik (fitur) sebagai berikut:
1.     Tujuan penggunaan adalah untuk membiayai keperluan  dana jangka pendek atau tambahan modal kerja jangka pendek untuk golongan nasabah Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
2.      Akad yang digunakan adalah akad  qardh (untuk pengikatan pinjaman dana yang disediakan Bank Syariah atau UUS kepada nasabah), akad rahn (untuk pengikatan emas sebagai agunan atas pinjaman dana) dan akad ijarah  ( untuk pengikatan pemanfaatan jasa penyimpanan dan pemeliharaan emas sebagai agunan pinjaman dana).
3.     Biaya yang dapat dikenakan oleh Bank Syariah atau UUS kepada nasabah antara lain biaya administrasi, biaya asuransi, dan biaya penyimpanan dan pemeliharaan.
4.      Sumber dana dapat berasal dari bagian modal, keuntungan yang disisihkan, dan/atau dana pihak ketiga.
5.     Tujuan penggunaan dana oleh nasabah wajib dicantumkan secara jelas pada formulir aplikasi produk.
6.      Emas yang akan diserahkan sebagai agunan Qardh Beragun Emas harus sudah dimiliki oleh nasabah pada saat permohonan pembiayaan diajukan. (13).
(Sumber   :   Bank Indonesia).



Qualified ASEAN Banks – QAB.


Adalah bank bank dengan qualifikasi tertentu yang bebas beroperasi di kawasan ASEAN. Sesuai dengan rencana intergrasi sektor keuangan ASEAN pada tahun 2020.   Bank bank  yang  bebas beroperasi di kawasan ASEAN ini akan   meningkatkan persaingan antara bank-bank nasional dengan bank bank dari kawasan ASEAN. (2). (Sumber    :   Bank Indonesia).

Quantitative Easing (QE).

Adalah salah satu program yang dilakukan oleh Bank Sentral pada saat tidak berjalannya transmisi kebijakan moneter melalui suku bunga , yaitu membeli instrumen keuangan secara langsung, dengan menggelontorkan likuiditas ke pasar keuangan. Sebagai contoh pada 3 November 2010 Amerika meluncurkan QE jilid II dimana diputuskan untuk membeli aset sebesar USD 600 milyar. (1).(Sumber : Bank Indonesia).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.